Kembali ke Artikel
Inilah 3 Pengertian VPN dan Kegunaannya
13 Apr/2018

Inilah 3 Pengertian VPN dan Kegunaannya

Tau gak sih apa itu VPN? Dan apa kegunaannya? VPN sendiri memiliki arti Virtual Private Network atau sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan kita agar dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunkanannya untuk bergabung dengan jaringan lokal. Dengan begitu maka akan mendapatkan pengaturan dan hak yang sama seperti yang ada pada LAN itu sendiri, walaupun pada dasarnya tetap menggunakan jaringan milik publik. Walupun menggunakan jaringan publik yang bebas, ternyata memiliki masalah karena tidak adanya dukungan terhadap keamanan sistem kita.

Kegunaan utama teknologi vpn
Teknologi VPN sendiri menyajikan beberapa fungsi utama untuk para pengguna, fungsi-fungsi VPN utaama tersebut antara lain sebagai berikut:

1.  Keamanan data

Secara logika jika menggunakan jaringan publik maka akan banyak yang menggunakannya dengan banyaknya penggunaka maka akan membuat sistem lebih rawan terjadi encurian data. Maka vpn menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data dalam data, maka data lebih aman dari pencurian. Walaupun ada pihak-pihak yang mampu menyadap dan mengambil data tersebut, belum tentu mampu membaca apa yang ada di dalam data tersebut karena sistem enkripsi ini.

2. Menjamin keutuhan data

Saat melalui jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan jauh melintasi berbagai negara di seluruh dunia. Pada saat perjalanan panjang itulah data juga akan mengalami berbagai gangguan baik itu data yang termanipulasi atau bahkan kehilangan data. Inilah kegunaan vpn, yaitu menjaga data mulai dari pengiriman hingga data sampai tempat tujuan tanpa ada kerusakan maupun manipulasi data oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Mencegah pengiriman data palsu

Teknologi vpn tidak hanya mampu menjagadata tetap aman sampai tujuan, tetapi juga bisa menjaga pengiriman data palsu atau data dari sumber yang tidak jelas. Secara teori, vpn akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan memilih data dari sumber yang terpercaya. Dengan demikian vpn mampu menjamin data berasal dari sumber yang jelas.

Itulah sedikit penjelasan tentang vpn yang perluh kamu tau saat ingin memulai membangun website pribadimu. Semoga info ini bermanfaat dan sukses selalu.

Artikel Lainnya


Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT BIMA DIGITAL INDONESIA

Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT BIMA DIGITAL INDONESIA

Kami management perusahaan PT BIMA DIGITAL INDONESIA menyampaikan rilis resmi mengenai himbauan kewa...

 

Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jika Anda mencari jasa manage sosmed untuk bisnis Anda menggunakan sosial media, Anda datang ke temp...

 

Creative Agency Surabaya

Creative Agency Surabaya

Creative Agency atau yang biasa di kenal sebagai agency adalah suatu bisnis jasa yang menangani, era...

 

Digital Agency Surabaya

Digital Agency Surabaya

Dengan perubahan dunia sekarang, para pengusaha yang dulunya hanya menggunakan media cetak atau medi...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.