Kembali ke Artikel
Tutorial Optimasi SEO On Page Untuk Blogger Pemula Sumber: Backlinko.com
25 Aug/2018

Tutorial Optimasi SEO On Page Untuk Blogger Pemula

Apa yang anda ketahui tentang SEO, mungkin jika anda seorang blogger anda pasti sudah mengetahui arti SEO. Search Optimization Engine atau yang disingkat dengan SEO merupakan suatu usaha yang dilakukan pemilik website untuk meningkatkan trafik pengunjung. Ada dua jenis SEO yaitu, SEO on page dan SEO off page. Namun pemilik website sering menggunakan metode SEO on page, yang cenderung lebih mudah. Karena melakukan optimasi di dalam halaman website. Cara ini merupakan cara terbaik untuk melakukan optimasi. Bagi anda yang pemula menjadi blogger tentu tidak mudah dalam melakukan optimasi SEO on page bukan?. Nah, disini kami akan memberikan tutorial bagi anda supaya lebih mudah untuk mempraktekan optimasinya.

Tutorial Optimasi SEO On Page Untuk Blogger Pemula

Tutorial ini akan memudahkan anda dalam optimasi. Penting sekali bagi anda mengetahui hal ini, tidak menutup kemungkinan anda seorang blogger ulung mampu mempraktekkan optimasi dengan baik dan benar.

1.     Memilih template

Untuk langkah awal anda memulai membangun suatu blog, anda harus menentukan design atau template dari blog. Pada langkah awal ini ada 3 parameter yaitu, Mobile Friendly, Responsive, dan Kecepatan. Usahakan blog yang berisi sesuatu yang informatif supaya mudah diakses di perangkat mobile.

2.     Judul dan dekskripsi blog

Buatlah judul bog seunik dan semenarik mungkin, namun masih meletakkan keyword diawal blog. Buatlah judul yang mudah untuk dipahami. Karena judul yang terlalu berlebihan dan betele-tele akan membuat pembaca sulit melacak blog anda. Deskripsi penelusuran memudahkan para pembaca untuk menemukan keyword. Biasanya blogger pemula tak memperhatikan mengenai hal ini.

3.     Gunakan tag H1 dan H2

Pada sebuah postingan di website berikan H1 dan untuk judul blog anda bisa menggunakan H2. Penggunaan Heading yang dinamis akan membuat blog anda menjadi lebih rapi dan mudah untuk diakses.

4.     Tambahkan gambar

Untuk menambah suatu postingan tambah menarik, anda bia menambahkan gambar, video, atau pun info grafik yang mengundang rasa ingin tahu pembaca. Apabila terdapat gambar di dalam postingan anda, tentunya akan mudah ditemukan oleh pencari google image. Oleh karena itu, ada banyak gambar pada google image, sumbernya adalah dari blog.

5.     Artikel yang panjang

Untuk membuat postingan artikel memang tidak dibatasi seberapa banyak katanya. Namun dalam google dilihat dari segi bahasanya. Bahkan ada beberapa blogger ulung yang berpendapat artikel yang panjang sampai 1500 kata lebih baik daripada 500 kata. Namun bagi anda yang pemula bisa membuat 500 kata saja sudah bagus.

6.     Keyword LSI

LSI adalah Latent Semanatic Indexing yang berarti kelompok kata yang masih berhubungan atau bersinonim dengan kata kunci utama dalam bahasan suatu topic.

7.     Internal link

Agar pembaca lebih mudah dalam mencari postingan anda, buatlah sebuah internal link. Jangan sesekali memasukkan link yang tidak relevan.

8.     Pasang tombol navigasi social sharing

Pada era sekarang banyak informasi yang diviralkan melalui media social. Meskipun tak berdampak lebih pada SEO, tetapi adanya informasi viral tersebut menjadikan blog anda bisa terkenal.

Para blogger ulung biasanya dalam merumuskan konsep optimasi SEO on page memang berbeda-beda. Namun sejatinya konsep tersebut memiliki inti yang sama. Hal di atas hanya beberapa tutorial untuk awal untuk memudahkan anda melakuakan optimasi, bagi anda yang masih pemula.

Artikel Lainnya


Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jika Anda mencari jasa manage sosmed untuk bisnis Anda menggunakan sosial media, Anda datang ke temp...

 

Creative Agency Surabaya

Creative Agency Surabaya

Creative Agency atau yang biasa di kenal sebagai agency adalah suatu bisnis jasa yang menangani, era...

 

Digital Agency Surabaya

Digital Agency Surabaya

Dengan perubahan dunia sekarang, para pengusaha yang dulunya hanya menggunakan media cetak atau medi...

 

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya - Berikut merupakan cara agar Anda bisa mengenal Agency Kreatif Surabaya leb...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.