Kembali ke Artikel
Menilik Faktor Perkembangan Bisnis Digital Pada Era Masa Yang Akan Datang Sumber: Bisnis Online
15 Sep/2018

Menilik Faktor Perkembangan Bisnis Digital Pada Era Masa Yang Akan Datang

Saat ini bisnis digital seakan menjadi primadona yang banyak dijadikan ujung tombak perusahaan di Indonesia. Hal ini terlihat dari perkembangan bisnis online di Indonesia yang semakin berkembang pesat. Tapi, sebenarnya sampai kapan tren bisnis digital ini bertahan di Indonesia? Ada beberapa faktor yang dapat anda jadikan patokan. Semua faktor tersebut berfungsi untuk memprediksi perkembangan bisnis digital pada era masa yang akan datang.

Beberapa Faktor Perkembangan Bisnis Digital Pada Era Masa Yang Akan Datang

Berikut adalah beberapa di antara banyka faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis digital di era sekarang ini.

1. Tren Pasar

Hal pertama yang dapat anda jadikan faktor acuan untuk menilik perkembangan bisnis digital adalah tren pasar. Memang pada dasarnya tren pasar menjadi acuan utama untuk memprediksi kondisi bisnis di masa depan. Apakah tren pasar di masa depan masih relevan dengan perkembangan bisnis atau tidak.

Untuk melihat lebih lanjut terkait tren pasar diperlukan sebuah analisa yang mendalam. Semuanya melibatkan berbagai faktor yang mempengaruhi tren pasar di masyarakat. Hal ini memang sedikit rumit, namun tentu akan menjadi patokan mengambil langkah bisnis yang penting.

2. Perkembangan Teknologi

Pelaku bisnis digital saat ini harus peka terhadap perkembangan teknologi. Ini karena perkembangan teknologi menjadi salah satu bagian penting bagi perkembangan bisnis di masa depan. Apakah di masa depan dunia digital tetap menjadi primadona atau justru terganti oleh teknologi lain? Ini patut untuk dianalisa. Paling tidak untuk anda yang merencanakan bisnis jangka panjang. Tren teknologi semacam ini menjadi salah satu patokan bagus untuk ancang-ancang anda yang akan melakukan bisnis online.

3. Kondisi Masyarakat

Masyarakat selalu berubah, kondisi masyarakat ini menjadi salah satu yang mempengaruhi kondisi pasar. Sehingga kondisi masyarakat patut mendapat perhatian khusus. Karena dari sini kondisi ‘target pasar’ anda dapat ditentukan. Tentu tidak mungkin anda tetap berpatokan pada kondisi masyarakat di masa lalu, tanpa melihat kondisi yang saat ini berlangsung. Padahal kondisi masyarakat menjadi salah satu ujung tombak untuk pemasaran produk anda nantinya.

4. Perubahan Kondisi Politik

Siapa bilang kondisi politik tidak mempengaruhi perkembangan bisnis digital pada era masa yang akan datang? Justru di sini perubahan kondisi politik memegang peran penting. Kebijakan-kebijakan yang lahir dari jalur politik akan sangat berpengaruh pada iklim bisnis. Pengaruhnya bahkan cukup luas hingga mencapai pengaruh harga barang baku dan lain-lain. Jadi anda harus jeli mengamati perubahan kondisi politik ini.

5. Kemajuan Digital Marketing

Saat ini kemajuan digital marketing menjadi hal penting yang membuat bisnis digital banyak memiliki peminat. Digital marketing dianggap sebagai gandengan yang pas untuk bisnis digital. Melalui digital marketing, klien atau calon pelanggan yang sesuai dapat di tarik mendekat. Sehingga kemajuan digital marketing tentu berpengaruh pada kondisi bisnis digital di masa mendatang.

Memang ada banyak faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis digital pada era masa yang akan datang. Namun kelima faktor di atas menjadi faktor utama yang harus anda amati untuk menentukan perkembangan bisnis digital ke depannya. Adanya analisa bisnis digital di era mendatang ini menjadi salah satu patokan yang baik untuk kebijakan bisnis yang akan di ambil. Sehingga nantinya kesalahan dalam kebijakan bisnis digital untuk jangka panjang dapat diminimalisir.

Artikel Lainnya


Digital Marketing Surabaya Membantu Lejitkan Profit Usaha Kecil Menengah

Digital Marketing Surabaya Membantu Lejitkan Profit Usaha Kecil Menengah

Banyak yang tanya apa sih manfaat digital marketing untuk bisnis UKM? Tidak sedikit orang yang beran...

 

Alasan di Balik Kebutuhan Website Ecommerce Yang Semakin Meningkat

Alasan di Balik Kebutuhan Website Ecommerce Yang Semakin Meningkat

Bisnis online saat ini memang sedang menjadi tren tersendiri. Perkembangannya pun cukup pesat. Ini...

 

Hal Tersembunyi Mengenai Jenis Layanan Hosting Web Di Internet

Hal Tersembunyi Mengenai Jenis Layanan Hosting Web Di Internet

Dewasa ini masyarakat yang bermain peran dalam dunia internet seringkali lebih memilih share hosti...

 

Pemilihan VPS Server Yang Baik Untuk Website

Pemilihan VPS Server Yang Baik Untuk Website

Dewasa ini sangatlah mudah bagi kita untuk mendapatkan kebutuhan yang kita inginkan, baik dalam ra...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.