Kembali ke Artikel
Perkembangan Media Komunikasi Di Era Digital Sumber: Blog Wowrack Indonesia
14 Sep/2018

Perkembangan Media Komunikasi Di Era Digital

Perkembangan media komunikasi di abad 20-an ini sudah sangat pesat sekali. Media komunikasi sejak abad 18-an sudah  menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Terlebih di era sekarang, media komunikasi menjadi kebutuhan primer. Muncul anggapan bahwa tanpa media komunikasi ini, masyarakat akan buta. Ditambah dengan berkembangnya media komunikasi di era digital, memberikan efek kemudahan bagi masyarakat. Kemudahan mengakses komunikasi tergambar dalam mudahnya kita bersosialisasi dengan masyarakat luar dengan efesiensi waktu. Artinya, tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Bermodalkan smartphone, kita bisa mengakses secara luas di era digital ini tentang peristiwa apa saja, kapan saja.

Perkembangan Media Komunikasi dan Biaya Di Era Digital

Perkembangan media komunikasi secara umum juga dibaringi dengan naik atau turunnya biaya untuk mengaksesnya. Semakin mudah untuk dikases, bisa jadi biaya yang diperlukan juga semakin kecil. Hanya dengan modal smartphone dan beberapa kuota internet, kita sudah bisa mengakses berita atau informasi tentang waktu lampau. Bahkan, pengetahuan tentang hal-hal prasejarah yang jauh dari masa sekarang, bisa diakses dengan mudah. Kemudahan untuk saling berintekasi dengan orang lain juga bisa ditemukan dalam era digital ini. Bahkan, efek dari kemudahan tersebut bisa memunculkan ikatan-ikatan social (komunitas) yang mempunyai beberapa kesamaan untuk mengikat.

Munculnya Jaringan Sosial dalam Media Komunikasi Era Digital

Jaringan-jaringan yang muncul akibat kemudahan komunikasi di era digital ini akan membawa efek yang sangat baik. Komunikasi di era digital dapat mempersatukan masyarakat yang mempunyai suatu kesamaan, terutama rasa dalam sebuah ikatan. Seperti penggalangan dana social untuk korban bencana alam. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dalam era digital. Media komunikasi di era digital sebagai sarana penyebaran berita dan penggalangan dana sosial, sangat efektif dan vital. Karena, tanpa media tersebut masyarakat luar tidak akan tau informasi.

Vitalnya Media Komunikasi di Era Digital

Suatu peristiwa akan cepat tersebar ketika ada komunikasi yang lancer. Seperti informasi tentang bencana alam di suatu daerah akan cepat tersebar ketika sudah muncul di media online. Tanpa media komunikasi di era digital yang bisa menyebarkan secara cepat ini, bantuan social untuk korban bencana alam (misalnya) juga tidak akan cepat terkumpulkan. Jika pada proses pengumpulan dan penarikan saja sudah terkendala, maka proses selanjutnya seperti penyaluran juga akan terkendala, bisa jadi.

Penggerak Kegiatan Sosial

Media komunikasi di era digital mempunyai peran vital seperti disebutkan di atas. Efek dari pengunaan media komunikasi yang baik akan memberika efek baik pula terhadap masyarakat. Seperti, pengu,pulan dana social. Dalam era media komunikasi digital ini, pengumpulan dana bisa dilakukan secara luas tanpa terbatas wilayah.

Sehingga, media komunikasi di era digital mempunyai peran yang sangat penting bagi manusia. Menjadikan media komunikasi sebagai salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan.

Artikel Lainnya


Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jika Anda mencari jasa manage sosmed untuk bisnis Anda menggunakan sosial media, Anda datang ke temp...

 

Creative Agency Surabaya

Creative Agency Surabaya

Creative Agency atau yang biasa di kenal sebagai agency adalah suatu bisnis jasa yang menangani, era...

 

Digital Agency Surabaya

Digital Agency Surabaya

Dengan perubahan dunia sekarang, para pengusaha yang dulunya hanya menggunakan media cetak atau medi...

 

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya - Berikut merupakan cara agar Anda bisa mengenal Agency Kreatif Surabaya leb...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.