Kembali ke Artikel
Menyelami Perkembangan Digital Marketing Di Indonesia Sumber: Blog Indonetwork
13 Sep/2018

Menyelami Perkembangan Digital Marketing Di Indonesia

Saat ini digital marketing semakin berkembang di Indonesia. Seiring berjalannya waktu digital marketing banyak dilirik. Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya dunia digital di Indonesia. Sehingga tanpa bisa dibendung digital marketing pun menduduki posisi penting. Perkembangan digital marketing di Indonesia ini patut untuk diselami. Ini menjadi salah satu hal penting bagi anda yang ini terjun di dunia digital marketing.

Memahami Lebih Dalam mengenai Perkembangan Digital Marketing Di Indonesia

Perkembangan digital marketing dapat menjadi patokan yang bagus untuk strategi dunia digital marketing yang akan anda terapkan.

1. Awal Perkembangan

Pertama kita akan membahas lebih dahulu awal perkembangan internet. Tahun 1980-an tercatat perkembangan internet lahir di dunia. Ini kemudian semakin berkembang dari tahun ke tahun. Sampai pada tahun 1986 ada standarisasi SQL oleh ANSI dari Amerika Serikat. Perkembangan komputer saat itu masih sangat terbatas. Tentu semuanya berbeda dengan kondisi komputer saat ini. Produk-produk yang dihasilkan juga masih sangat terbatas. Perusahaan menghadirkan sebatas produk yang mereka bisa buat. Penggunanya pun masih terbatas di kalangan militer.

2. Menuju Tahun 1990-an

Istilah digital marketing pertama kali dikenalkan pada tahun 1990. Saat itu istilah digital marketing muncul di publik. Hal ini berawal dari adanya sebuah mesin pencarian yang diberi nama Archie. Dari mesin ini muncul gagasan hadirnya world wide web ( WWW ). Setelah lahir Archie dan WWW dunia maya pun semakin terekspos. Kemudian dalam 2 tahun muncul berbagai promo banner sebagai iklan online. Banner-banner ini ketika di klik akan menghantarkan anda menuju postingan produk yang dipromosikan.

Pada era yang sama e-commerce juga lahir. Saat itu e-commerce yang pertama kali hadir adalah Yahoo!. Berbagai belanja online hadir dan diakomodir oleh  Yahoo!. Saat itu internet di Indonesia mulai berjalan. IndoNet menjadi ISP komersial yang pertama hadir di tahun 1994.

3. Perkembangan Berati di Tahun 2000-an

Era ini menjadi salah satu era yang memiliki perkembangan berarti bagi dunia digital marketing. Saat ini berbagai layanan online lahir dan mengakomodir kebutuhan para penggunanya. Tak hanya di era software dunia hardware pun turut mengalami peningkatan. Ini ternyata juga berpengaruh pada perilaku masyarakat terhadap dunia digital. Saat itu pembelian melalui media digital mulai banyak digunakan. Termasuk di Indonesia. Mungkin pada era ini kalian akan banyak menjumpai promosi melalui media sosial seperti facebook atau friendster.

4. Meledaknya Dunia Digital Tahun 2010-an

Tren digital terus merangkak naik hingga tahun 2010-an. Di sini perkembangan digital marketing di Indonesia juga turut memberikan tren positif. Terbukti dari semakin banyaknya platform digital marketing yang digunakan pengguna internet di Indonesia. Apalagi dengan semakin beragamnya platform digital marketing yang memudahkan promosi digital marketing. Sehingga tak heran jika kemudian era ini menjadi era perkembangan pesat digital marketing.

5. Kondisi Digital Marketing Saat Ini

Saat ini digital marketing sudah mengalami perkembangan pesat. Banyak bertebaran promosi melalui dunia digital yang dengan mudah kita akses di Internet. Perusahaan-perusahaan di Indonesia pun mulai ramai menjelajah digital marketing. Teknik-teknik digital marketing mulai banyak dipelajari. Semuanya tentu memiliki tujuan sama, menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya dari digital marketing.

Itulah fase perkembangan digital marketing di Indonesia. Fase-fase yang ada tentu dapat menjadi bekal kita yang akan menyelami dunia digital marketing. Selain memahami tentang sejarah digital marketing, baiknya anda juga memahami tentang skill untuk menguasai dunia digital marketing. Sehingga keuntungan maksimal pun dapat diperoleh dari sini.

Artikel Lainnya


Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jika Anda mencari jasa manage sosmed untuk bisnis Anda menggunakan sosial media, Anda datang ke temp...

 

Creative Agency Surabaya

Creative Agency Surabaya

Creative Agency atau yang biasa di kenal sebagai agency adalah suatu bisnis jasa yang menangani, era...

 

Digital Agency Surabaya

Digital Agency Surabaya

Dengan perubahan dunia sekarang, para pengusaha yang dulunya hanya menggunakan media cetak atau medi...

 

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya - Berikut merupakan cara agar Anda bisa mengenal Agency Kreatif Surabaya leb...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.