Kembali ke Artikel
Bagaimana Perkembangan Ilmu Kalam di Era Digital Saat Ini Sumber: Beauty Journal Sociolla
10 Sep/2018

Bagaimana Perkembangan Ilmu Kalam di Era Digital Saat Ini

Ilmu kalam adalah cabang ilmu islam tentang bahasan mengenai Allah dan Rosul. Ilmu kalam lebih dikaitkan dengan teologi dan ilmu ketauhidan.  Intinya, ilmu kalam sangat berkaitan dengan keimanan. Seseorang tidak dapat memiliki keimanan yang kuat tanpa didasari ilmu pengetahuan dan dasar realitas yang kuat. Keimanan itu dapat turun dan naik tergantung kondisi. Maka dari itu, ilmu kalam ini senantiasa dipelajari dan didalami untuk menguatkan keimanan. Namun, jangan sampai kita salah mempelajari ilmu kalam. Karena sekarang banyak juga ilmu kalam yang diselewengkan, yang malah membuat keraguan-keraguan mengenai keimanan kepada Allah dengan pernyataan-pernyataan yang sebenarnya tidak masuk akal. Jadi, kita harus tahu bagaimana perkembangan ilmu kalam di era digital saat ini. Agar tidak salah mempelajari ilmu kalam yang ternyata malah menyesatkan.

Penjelasan Bagaimana Perkembangan Ilmu Kalam di Era Digital Saat Ini

Secara bahasa kalam artinya perkataan atau pembicaraan. Dalam kamus islam, ilmu kalam berarti ilmu tentang Firman Allah dan Sabda Rosulullah. Dua  hal tersebut merupakan pedoman kaum muslim. Muslim yang taat tentu harus memegang pedoman ini dengan kuat. Berikut ini adalah beberapa hal tentang ilmu kalam yang perlu untuk diketahui.

Sejarah singkat ilmu kalam

Pada awalnya para ahli kalam muncul karena ingin menjawab lawan-lawan diskusi mereka tentang pemikiran islam. mereka ingin membersihkan segala sesuatu yang dikira dapat mengontaminasi pemikiran islam. sebab lawan-lawan diskusi mereka adalah para filosof yunani yang membawa filsafat sesat untuk menyebarkan keraguan terhadap akidah islam.

Fakta ilmu kalam saat ini

Mendengar tentang ilmu kalam, pasti terarah kepada islam. namun jangan salah, saat ini banyak sekali ilmu kalam yang diselewengkan. Ilmu kalam yang tadinya berisi tentang pemahaman-pemahaman yang memperkuat keimanan malah menjadi sumber keraguan dalam keimanan. Contoh keraguan-keraguan yang mereka sebarkan misalnya,  dengan pertanyaan-pertanyaan semacam ini. Bagaimana cara Allah melihat?, bagaimana Allah ada? Apakah manusia  yang menciptakan sendiri perbuatannya atau apakah perbuatan manusia itu semuanya dikendalikan oleh Allah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang sepele namun bisa menghanyutkan. Meskipun sudah ada para ahli kalam yang mengatasi mereka, ajaran-ajaran menyesatkan tetap tersebar. Dan munculah ilmu-ilmu kalam yang kesannya mau menentang filsafat namun ternyata sama saja. Apalagi di era kecanggihan digital saat ini. Mudah sekali ajaran-ajaran tersebar seperti wabah. Ajaran-ajaran dari ilmu kalam banyak disisipkan dalam berbagai postingan medsos. Hanya aqidah yang kuat yang dapat membentengi diri.

Agar tidak salah mempelajari ilmu kalam

Setelah mengetahui bagaimana perkembangan ilmu kalam di era digital saat ini, kita harus bisa menilai ilmu kalam sebelum mempelajarinya. Jadikan Al-Qur’an dan Hadits sebagai standar dalam menilai suatu ilmu kalam. Bila ilmu kalamnya sesuai dengan keduanya, maka ilmu kalam tersebut layak untuk dikaji. Jika ada hal yang bertentangan maka tinggalkan dan sebarkan di dunia digital bahwa ilmu kalam tersebut tidak layak dikaji.

Artikel Lainnya


Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jika Anda mencari jasa manage sosmed untuk bisnis Anda menggunakan sosial media, Anda datang ke temp...

 

Creative Agency Surabaya

Creative Agency Surabaya

Creative Agency atau yang biasa di kenal sebagai agency adalah suatu bisnis jasa yang menangani, era...

 

Digital Agency Surabaya

Digital Agency Surabaya

Dengan perubahan dunia sekarang, para pengusaha yang dulunya hanya menggunakan media cetak atau medi...

 

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya - Berikut merupakan cara agar Anda bisa mengenal Agency Kreatif Surabaya leb...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.