Kembali ke Artikel
Perbedaan Antara Digital Marketing Dan E-Comerce Sumber: Jakartawebs.com
09 Sep/2018

Perbedaan Antara Digital Marketing Dan E-Comerce

Maraknya pengguna internet dari ke hari di zaman yang serba canggih ini membuat para pengusaha menggencarkan internet sebagai media perdagangan dan promosi. Oleh karena itu muncul istilah-istilah dalam bisnis online seperti digital marketing dan e-commerce. Pengertian digital marketing dan e-commerce dapat disimak pada penjelasan berikut.

 

Pengertian Digital Marketing Dan E-Commerce

 

Pengertian Digital Marketing

 

Digital marketing merupakan kegiatan promosi atau pemasaran yang bertarget, terukur dan interaktif dari produk atau jasa dengan menggunakan media elektronik. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan merek, membangun preferensi dan meningkatkan penjualan. Puluhan tahun silam, media promosi suatu produk sangat terbatas dan hanya dapt menyampaikan informasi satu arah karena menggunakan TV dan radio. Model pemasaran digital menggunakan internet sebagai media promosi inti disamping menggunakan TV dan radio. Promosi menggunakan internet cukup menggiurkan karena dapat menyebarkan kabar produk secara luas ke berbagai belahan dunia dengan hanya beberapa kali klik.

 

Contoh teknik pemasaran yang termasuk kedalam digital marketing adalah:

  1. SEO – search engine optimization
  2. Periklanan online – FB ads, Adwords, dll
  3. Iklan televise dan radio
  4. Billboard elektronik (video tron)
  5. Email marketing

 

Pengertian E-Commerce

 

E-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce yang secara bahasa diartikan sebagai perdagangan yang berbasis elektronik. Dengan kata lain, e-commerce adalah segala transaksi atau kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh-contoh e-commerce.

1. Toko online

 

Belanja secara online sudah popular di masyarakat, terutama didaerah perkotaan dan banyak ribuan toko online yang muncul di Indonesia. Konsumen cukup mengunjungi situs toko online yang dimaksud, mencari daftar barang yang diinginkan dalam katalog, jika cocok langsung klik untuk pembilian, kemudian melakukan transfer uang pembayaran dan barang akan dikirim ke konsumen melalui jasa ekdpedisi.

2. Internet banking

 

Dengan adanya internet banking, orang tidak perlu lagi mengunjungi bank untuk mengambil  mentransfer uang tunai. Dengan akun bank dan kartu kredit yang dimiliki, transaksi dapat dilakukan hanya dengan mengunjungi situs bank yang dimaksud.

3. Pembayaran elektronik

 

Pembayaran elektronik atau disebut juga dengan e-payment akan membantu orang untuk melakukan transaksi tanpa perlu membawa uang cash kemana-mana. Sehingga lebih efisien dan lebih aman.

4. Tiket online

 

Adanya tiket online orang tidak perlu antri lagi untuk membeli tiket kereta, pesawat, tiket nonton di bioskop, dll. Tiket dapaat dibeli dari rumah dengan mengunjungi website yang menjual tiket yang diperlukan tersebut.

5. Lelang online

 

Orang dapat mengikuti proses pelelangan dengan computer. Salah satu contoh situs yang menyediakan lelang barang adalah eBay.

 

Jenis E-Commerce

1. E-commerce business to business

 

E-commerce jenis ini merupakan bisnis yang dilakukan oleh pihak yang sudah saling percaya, saling memiliki kepentingan bisnis, sudah saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain. Contohnya dua perusahaan mengadakan transaksi jual beli maupun supply barang transaksi secara online dari internet dan payment yang dilakukan menggunakan kredit card.

2. E-commerce business to consumer

 

Jenis ini merupakan bisnis yang dilakukan Seperti produsen yang menjual dan menawarkan produknya kepada konsumen secara online. Sehingga produsen hanya menjual produk atau jasanya dan pihak konsumen sebagai pemakai atau pembeli.

3. E-commerce consumen to consumen

 

Jenis ini dilakukan oleh antar konsumen. Pelanggan dari sebuah produsen akan menjual kembali kepada konsumen lainnya.

4. E-commerce consumen to business

 

Dilakukan oleh konsumen kepada para produsen. Misalnya konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang dia inginkan melalui media internet kepada para produsen. Kemudian produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan konsumen tersebut.

 

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian digital marketing dan e-commerce. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.

 

 

Artikel Lainnya


Digital Marketing Surabaya Membantu Lejitkan Profit Usaha Kecil Menengah

Digital Marketing Surabaya Membantu Lejitkan Profit Usaha Kecil Menengah

Banyak yang tanya apa sih manfaat digital marketing untuk bisnis UKM? Tidak sedikit orang yang beran...

 

Alasan di Balik Kebutuhan Website Ecommerce Yang Semakin Meningkat

Alasan di Balik Kebutuhan Website Ecommerce Yang Semakin Meningkat

Bisnis online saat ini memang sedang menjadi tren tersendiri. Perkembangannya pun cukup pesat. Ini...

 

Pemilihan VPS Server Yang Baik Untuk Website

Pemilihan VPS Server Yang Baik Untuk Website

Dewasa ini sangatlah mudah bagi kita untuk mendapatkan kebutuhan yang kita inginkan, baik dalam ra...

 

5 Strategi Ampuh Pemasaran Online Marketing Yang Wajib Diketahui

5 Strategi Ampuh Pemasaran Online Marketing Yang Wajib Diketahui

Membicarakan online marketing memang tidak pernah ada habisnya. Saat ini online marketing menjadi ...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.