Kembali ke Artikel
Seluk Beluk Search Engine Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Sumber: Trendingtop5
17 Sep/2018

Seluk Beluk Search Engine Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Search engine atau mesin pencari merupakan salah satu program komputer yang dirancang khusus untuk memudahkan masyarakat dalam mencari suatu konten berdasarkan kata kunci tertentu. Pada umumnya, masyarakat hanya mengenal beberapa search engine saja. Padahal, ada berbagai macam search engine yang bisa digunakan.

Mengenal Lebih Dekat Search Engine Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas mengenai macam macam search engine beserta kelebihan dan kekurangannya

1. Google

Salah satu search engine yang sangat populer di Indonesia adalah Google. Pasalnya, tampilan Google cukup sederhana dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih. Selain itu, para penggunanya dapat mencari berbagai konten (web, gambar, berita, dsb.) dengan mudah dan cepat. Bahkan, Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memiliki cache sehingga user dapat menghemat waktu dalam melakukan pencarian konten. Sedangkan kekurangannya yaitu banyaknya spamer yang menampilkan iklan tidak diperlukan. Hal ini tentu sangat mengganggu user dalam melakukan pencarian.

2. Yahoo!

Search engine terpopuler selanjutnya adalah Yahoo. Kelebihan search engine ini yaitu cepat untuk di-refresh, banyak fasilitas yang telah disediakan untuk para penggunanya, dan sudah ada di berbagai negara. Sedangkan kekurangannya yaitu id mudah dibuat sehingga banyak disalahgunakan. Selain itu, id Yahoo hanya bisa digunakan untuk Yahoo. Hal ini berarti id Yahoo tidak bisa digunakan untuk windows seperti MSN. Kekurangan lainnya yaitu fitur Y!M milik Yahoo masih sangat sederhana dan kalah jauh dengan IM keluaran windows.

3. MSN

MSN merupakan search engine terpopuler selanjutnya. Search engine ini memungkinkan user untuk melakukan pencarian dengan menggunakan keyword (kata kunci) atau pun direktori. Selain itu, MSN mampu mencari gambar, video, musik, dan beragam file. Sayangnya, pencarian kontennya cukup lama. Selain itu, user merasa kesulitan untuk membedakan antara iklan dan bukan iklan.

4. Bing

Salah satu hal yang cukup menarik dari search engine ini yaitu dilihat dari tampilannya. Pasalnya, Bing mempunyai tampilan latar pemandangan yang selalu berubah-ubah. Selain itu, Bing juga juga menyediakan fasilitas instant answer. Bahkan, hasil pencarian dari mesin pencari berupa gambar dan video dapat difilter dengan begitu detail dan semua hasil pencarian yang diinginkan dapat ditemukan. Sedangkan kekurangannya antara lain tidak bisa digunakan untuk berhitung. Selain itu, hasil pencariannya kurang cepat sehingga banyak masyarakat yang kurang tertarik dengan search engine satu ini.

5. AltaVista

Masyarakat banyak menggunakan search engine satu ini karena menyajikan pencarian paling lengkap diantara semua mesin pencari. Bahkan, dalam pencarian berbagai konten (baik web, video, mp3, audio, dan lainnya) mampu menampilkan hasil teraktual. Selain itu, AltaVista juga mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan. Sedangkan kekurangannya yaitu AltasVista terkadang menampilkan hasil yang tidak ada kaitannya dengan konten yang dicari oleh user.

Itulah macam macam search engine beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan membaca artikel mengenai macam macam search engine beserta kelebihan dan kekurangannya tersebut, Anda tentu dapat mengetahui bahwa ada berbagai macam search engine yang bisa Anda gunakan. Selain itu, Anda juga dapat lebih mudah memilih search engine yang sesuai dengan konten yang akan Anda cari.

Artikel Lainnya


Jasa Pembuatan Web Design Surabaya

Jasa Pembuatan Web Design Surabaya

Semakin berkembangnya teknologi, permintaan terhadap berbagai perkembangan diberbagai sektor pun jug...

 

Jasa Web Design Jakarta

Jasa Web Design Jakarta

Desain Web bagus namun sepi pelanggan ? Kami Solusi anda. Kami merupakan Penyedia jasa web design Ja...

 

Jasa Web Design Surabaya Murah

Jasa Web Design Surabaya Murah

Apakah anda termasuk saah satu dari orang yang sedang membutuhkan jasa web design ? Maka kami akan m...

 

Jasa Web Design di Surabaya

Jasa Web Design di Surabaya

Tarik lebih banyak pelanggan dengan tampilan website. percaya tidak percaya. Tampilan website mampu ...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.