Kembali ke Artikel
Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia dari Masa ke Masa Semakin Tinggi Sumber: Tech in Asia Indonesia
08 Sep/2018

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia dari Masa ke Masa Semakin Tinggi

Perkembangan bisnis startup di Indonesia dari masa ke masa semakin meningkat, walaupun dalam prosesnya seringkali mengalami kegagalan. Banyak ditemukan startup baru yang muncul dari kancah internasional. Bahkan di Indonesia sendiri tidak ingin kalah dari ranah internasional sehingga startup ini dianggap sebagai pasar yang menarik perhatian. Namun seringkali kita melihat perkembangan starup di Indonesia masih belum di optimalkan secara penuh.

Pada tahun 2017 telah dilakukan riset,  pengguna internet di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Laporan pengguna internet warga Indonesia mencapai 133 Miliyar dan seiring waktu akan terus bertambah mengikuti arus globalisasi saat ini. Tidak hanya penggunaan internet saja yang meningkat, bahkan daya beli masyarakat mengalami peningkatan dengan pendapatan per kapita yang melaju pesat. Maka dalam hal ini, tidak secara lansung akan berdampak terhadap perkembangan industri digital.

Banyak sekali bisnis starup yang diminati masyarakat Indonesia. Seperti halnya aplikasi pendidikan dan game.  Pembuatan aplikasi pendidikan  dan game yang terbilang cukup mudah. Startup jenis ini juga memiliki potensi pasar yang cukup terbuka di Indonesia. Selain itu banyak juga  untuk aplikasi atau website yang bergerak dalam bidang  informasi dan e-commerce.

Faktor- Faktor Yang Mendukung Perkembangan Strartup Dari Masa Ke Masa  di Indonesia

Ada beberapa faktor yang mendukung perkembangan startup di Indonesia. Maka dengan adanya artikel ini semoga memudahkan anda mengetahui strartup.

1. Masyoritas Penduduk Indonesia selalu terbuka dengan teknologi baru

Kita melihat bahwa masyarakat Indonesia tingkat keingin tahuannya cukup tinggi, maka apabila teknologi baru muncul mereka ingin sekali mencobanya. Seperti halnya penggunaan internet yang cukup aktif di Indonesia. Internet sangat berguna sebagai sarana informasi dan komunikasi. Dengan keterbukaan masyarakat tersebut, peluang bisnis pun bertambah besar. 

2. Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup tinggi

Menurut Bappenas jumlah penduduk Indonesia mencapai 265 juta jiwa. Dengan banyaknya penduduk, maka kebutuhan juga mengalami peningkatan. Maka peluang bisnis sturup ini sangat menguntungkan apabila dijalankan dengan maksimal.

3. Pelayanan startup yang memuaskan

Dengan pelayanan sturup yang memuaskan para konsumen, maka tingkat pelanggan semakin meningkat. Maka dari itu, kita harus mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dan apa yang dibutuhkan pelanggan. Dengan mengetahui kedua hal tersebut maka akan memudahkan kita untuk menarik hati para pelanggan untuk menggunakan startup ini.

4. Adanya modal dari investor dan pemerintah

Apabila bisnis dijalankan tanpa modal, bisnis tersebut tidak akan berkembang dan akhirnya berhenti. Selain itu, apabila starup didukung oleh pemerintah maka akan mengalami perkembangan yang cukup pesat, namun apabila pemerintah tidak mendukung adanya strartup maka bisnis ini akan mengalami kesulitan untuk mencapai target sasaran.

Setelah mengetahui faktor faktor yang mendukung perkembangan strutup di Indonesia dari masa ke masa, maka anda juga mengetahui langakah-langkah yang di tempuh agar bisnis stratup yang anda jalankan berjalan dengan maksimal. Anda  harus mempunyai strategi khusus dan perencanaan yang matang. Anda  juga dapat mengatur strategi bisnis tersebut dengan sebaik mungkin apabila data keuangan bisnis anda dapat diakses melalui software akuntansi. Semoga dengan membaca artikel ini bermanfaat bagi anda untuk menjalankan bisnis startup sebaik mungkin.

Artikel Lainnya


Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jika Anda mencari jasa manage sosmed untuk bisnis Anda menggunakan sosial media, Anda datang ke temp...

 

Creative Agency Surabaya

Creative Agency Surabaya

Creative Agency atau yang biasa di kenal sebagai agency adalah suatu bisnis jasa yang menangani, era...

 

Digital Agency Surabaya

Digital Agency Surabaya

Dengan perubahan dunia sekarang, para pengusaha yang dulunya hanya menggunakan media cetak atau medi...

 

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya - Berikut merupakan cara agar Anda bisa mengenal Agency Kreatif Surabaya leb...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.