Kembali ke Artikel
Pengaruh Perkembangan Alat Komunikasi Terhadap Teknologi Kehidupan Sumber: google.com
05 Sep/2018

Pengaruh Perkembangan Alat Komunikasi Terhadap Teknologi Kehidupan

Masyarakat merupakan makhluk sosial. Sekelompok orang yang membutuhkan hudup bersama-sama. Sekelompok orang yang membutuhkan interaksi antar sesama dan saling bergantung satu sama lain. Kemudian dituntut agar bisa menjalin komunikasi dengan baik. Sehingga alat komunikasi yang digunakan semakin canggih seiring dengan perkembangan dunia yang semakin modern.

 

Apasaja Pengaruh Perkembangan Alat Komunikasi Terhadap Teknologi Kehidupan

 

Salah satu yang menjadi faktor penting bagi masyarakat adalah perkembangan alat komunikasi. Alat komunikasi memiliki peran utama dalam interaksi kehidupan. Masyarakat sekarang memiliki kehidupan dimana perkembangan alat komunikasi adalah yang mendominasi masyarakat. Sehingga masyarakat sekarang tidak bisa dipisahkan dengan alat komunikasi.

 

Banyak pengaruh pada kehidupan yang akan terjadi dengan adanya perkembangan alat komunikasi ini

 

Adapun pengaruh positifnya ntara lain sebagai berikut:

  1. Tidak ada hambatan untuk berkomunikasi, alat komunikasi yang semakin canggih telah membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah untuk tetap berhubungan dengan teman lama maupun kerabat.
  2. Membantu memperkuat hubungan antar sesama, saling menyapa sehingga terlihat lebih ramah. Hal ini dapat menumbuhkan kasih sayang yang merupakan merekat persaudaraan antar sesame. Menjadikan hubungan kita tampak lebih harmonis dan memiliki rasa kekeluargaan.
  3. Membawa dunia lebih dekat. Dengan adanya alat komunikasi yang lebih canggih, masyarakat modern bisa lebih dekat dengan keluarganya yang terbatasi dengan jarak. Maupun sahabat-sahabatnya yang berbeda tempat tinggal. Sehingga dunia kita tetap ada. Diwarnai dengan orang-orang yang bisa membuat kita hidup dan bangkit dengan semangat baru.
  4. Dapat bertukar pikiran untuk mencari solusi yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah dengan cepat. Tidak memerlukan untuk bertatap muka langsung agar dapat menyatukan ide-ide kita ataupun solusi-solusi permasalahan. Bisa melalui alat komunikasi untuk lebih efisiensi waktu disaat kita dilanda kesibukan masing-masing. Akan tetapi, kalu tidak terlalu sibuk apa salahnya duduk bersama dengan secangkir teh atau kopi.

 

Perkembangan alat komunikasi juga terdapat pengaruh negatifnya. Berikut merupakan pengaruh negatif perkembangan alat komunikasi bagi kehidupan:

  1. Cara berkomunikasi yang dulu seperti surat menyurat telah tergantikan dengan cara yang lebih canggih, dengan teknologi yang lebih maju.
  2. Penerus saat ini kurang memiliki kemampuan interpersonal karena kecenderungan peningkatan frekuensi komunikasi melalui alat komunikasi.
  3. Tingginya kesenjangan antara orang tua dan anak-anak dengan pesat, karenamemudarnya komunikasi secara langsung. Hal ini disebabkan karena setiap anggota keluarga sibuk dengan kegiatan masing-masing dengan alat komunikasi mereka.
  4. Interksi sosial dengan tatap muka berkurang, orang-orang lebih peduli tentang kehidupan  dengan alat komunikasi mereka daripada kehidupan sosial yang nyata.
  5. Alat komunikasi saat ini telah menyebabkan kecanduan. Terlebih dengan adanya internet.
  6. Terdapatnya radiasi yang berasal dari perkembangan alat komunikasi dapat mempengaruhi kesehatan  seperti sakit kepala dan perkembangan benih kanker.

Sebagai masyarakat yang baik kita harus bijak dalam menghadapi perkembangan alat komunikasi dalam kehidupan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya


Alasan di Balik Kebutuhan Website Ecommerce Yang Semakin Meningkat

Alasan di Balik Kebutuhan Website Ecommerce Yang Semakin Meningkat

Bisnis online saat ini memang sedang menjadi tren tersendiri. Perkembangannya pun cukup pesat. Ini...

 

Hal Tersembunyi Mengenai Jenis Layanan Hosting Web Di Internet

Hal Tersembunyi Mengenai Jenis Layanan Hosting Web Di Internet

Dewasa ini masyarakat yang bermain peran dalam dunia internet seringkali lebih memilih share hosti...

 

Pemilihan VPS Server Yang Baik Untuk Website

Pemilihan VPS Server Yang Baik Untuk Website

Dewasa ini sangatlah mudah bagi kita untuk mendapatkan kebutuhan yang kita inginkan, baik dalam ra...

 

5 Strategi Ampuh Pemasaran Online Marketing Yang Wajib Diketahui

5 Strategi Ampuh Pemasaran Online Marketing Yang Wajib Diketahui

Membicarakan online marketing memang tidak pernah ada habisnya. Saat ini online marketing menjadi ...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.