Kembali ke Artikel
Pengertian Bandwith Menurut Kaidah Dunia Digital Terkini Sumber: volusion.com
28 Aug/2018

Pengertian Bandwith Menurut Kaidah Dunia Digital Terkini

Di era yang serba maju ini, memiliki koneksi internet dengan kecepatan yang yang sangat baik menjadi dambaan setiap orang. Cepat atau lambatnya seseorang mengakses internet biasanya dikaitkan dengan bandwidth. Apa yang dimaksud dengan bandwith? Untuk lebih jelasnya, anda perlu membaca artikel dibawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Bandwith?

Pengertian Bandwith

Secara bahasa bandwidth merupakan lebar pita, yang dapat diartikan sebagai kapasitas data yang ditransfer pada waktu tertentu. Biasanya dalam satuan detik. Kapasitas data yang ditransfer dinyatakan dalam bit atau binary digit. Sehingga satuan yang dipakai untuk bandwith adalah bit per sekon yang disingkat dengan bps. Binary digit atau bit merupakan basis angka yang terdiri dari 0 dan 1. Satuan bps menggambarkan banyaknya bit (angka 0 dan 1) yang mengalir dalam suatu media setiap detiknya.

Dalam system koneksi internet, bandwith biasa dikenal dengan kecepatan koneksi internet. Bandwith dapat dianalogikan dengan jalan raya yang dilewati dengan mobil secara bersamaan.  Jika jalan raya tersebut sempit, mobil akan bergerak dengan lambat. Jika jalan raya tersebut lebar, mobil dapat bergerak dengan cepat. Dari analogi tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan akses internet yang lebih cepat dapat dilakukan dengan cara memperlebar bandwith.

Konsep Troughput

Secara aktual, bandwith tidak cukup menjelaskan mengenai kecepatan jaringan dan apa yang terjadi di jaringan. Sehingga dikenalkan konsep troughput. Troughput merupakan bandwith aktual yang terukur pada satuan waktu tertentu. Dapat dikatakan bahwa troughput merepresentasikan bandwith yang actual atau bandwith yang sebenarnya pada waktu tertentu, pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload file pada ukuran tertentu.

Contoh: kita menggunakan Telkom speedy (328 Kbps) untuk mendownload file sebesar 64 KB. Seharusnya dapat di download dalam waktu yang sangat singkat atau satu detik. Tetapi setelah diukur, ternyata memerlukan waktu mendownload selama 4 detik, maka bandwith sebenarnya (troughput) adalah sebesar 64 KB/ 4 detik = 16 Kbps.

Fungsi Bandwith Dalam Jaringan Komputer

Fungsi bandwith dalam jaringan computer adalah sebagai berikut:

1. Jalur atau media pengiriman data

Bandwith berfungsi sebagai jalur penghubung  atau media yang menghubungkan  dalam proses transfer data. Adanya kabel fisik LAN merupakan salah satu contoh media yang menghubungkan  antara koneksi LAN dan perangkat computer yang digunakan.

2. Pembatas kecepatan transfer

Bandwith dapat membatasi kecepatan aktivitas transfer atau pengiriman data. Administrator jaringan sering memanfaatkan fungsi ini dalam mengelola jaringan untuk menghindari dari tindakan curang dari pengguna internet.  Misalnya pengguna internet mendownload ataupun memutar video dengan resolusi High Display (HD) yang dapat menyedot bandwith dalam jumlah banyak. Tindakan ini dapat mengganggu pengguna internet lain karena kecepatan aksesnya jadi semakin lambat dan terganggu.

3. Membatasi pengiriman data

Fungsi bandwith yang lain adalah untuk membatasi data yang bisa ditransfer atau dikirim dalam satuan waktu tertentu. Fungsi ini juga dilakukan oleh asministrator jaringan.  Contohnya  adalah bandwidth sudah disediakan dengan jumlah  tertentu untuk waktu tertentu, misalnya 1GB per bulan. Tidak peduli seberapa banyak jumlah perangkat yang mengakses atau kecepatan aksesnya,

jumlah maksimal data yang dapat dikirim hanya sebesar 1GB dan tidak lebih.

Demikian penjelasan apa yang dimaksud dengan bandwith. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Artikel Lainnya


Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jasa Manage Sosmed Surabaya

Jika Anda mencari jasa manage sosmed untuk bisnis Anda menggunakan sosial media, Anda datang ke temp...

 

Creative Agency Surabaya

Creative Agency Surabaya

Creative Agency atau yang biasa di kenal sebagai agency adalah suatu bisnis jasa yang menangani, era...

 

Digital Agency Surabaya

Digital Agency Surabaya

Dengan perubahan dunia sekarang, para pengusaha yang dulunya hanya menggunakan media cetak atau medi...

 

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya

Agency Kreatif Surabaya - Berikut merupakan cara agar Anda bisa mengenal Agency Kreatif Surabaya leb...

 

Siap Go Digital, Naik Level
& Banjir Order!

Konsultasi gratis dengan kami!
Tim kami akan menghubungi kamu dengan segera melalui whatsapp.